Seputar TNI & POLRI

Babinsa Koramil 05/Sail Bersama Babinkamtibmas dan Lurah Berjaga Hingga Pagi Dengan Warga

PEKANBARU – persbhayangkara.id RIAU

Sehubungan dengan tingkat kejahatan yang kerap terjadi dan sering menjadi permasalahan dilingkungan, Babinsa Kelurahan Sidomulyo Timur Serda Dedi Supriyadi sebagai anggota Koramil 05/Sail Kodim 0301/Pekanbaru beserta dengan Babinkamtibmas Bripka Eko Wahyu SH, MH dan Lurah Sidomulyo Timur Raja Randa Maulana S.STP, M.Si melaksanakan ronda dalam menjaga situasi keamanan di lingkungan bersama warga sekitar.  

Kolaborasi tiga pilar tersebut yaitu Pemerintah, TNI dan Polri tersebut dalam mencegah tindak kejahatan dan hal – hal yang tidak diinginkan merupakan wujud suatu kebersamaan maupun sinergitas bersama masyarakat demi menjaga keamanan lingkungan.  

Tepat pada Pukul 00.30 WIB Selasa (25/06/19) dini hari Babinsa, Babinkamtibmas, dan Lurah Sidomulyo Timur mendatangi Pos Ronda Bencah Ibul yang letaknya sangat strategis yaitu berada di pemukiman padat penduduk di Jalan Nurul Amal dengan disambut warga yang bertugas jaga malam serta turut juga Ketua RW.01 Ir. Suyatno dan Ketua RT.02 Rudianto S.Pd.  

Pos Ronda Bencah Ibul merupakan sarana maupun wadah masyarakat dalam bersama – sama menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman, hal ini terlihat dari kelengkapan peralatan dan fasilitas yang memadai diantaranya yaitu Hand Talkie (HT), Rompi Jaga, Kentongan, Tongkat Pengaman, Senter, Jas Hujan, Buku Tamu, Galon Air, Tempat Tidur, bahkan borgol dan kelengkapan lainnya.  

Dalam hal ini, Danramil 05/Sail Kapt Arh Sugeng Santoso melalui Babinsa Kelurahan Sidomulyo Timur Serda Dedi Supriyadi mengatakan bahwasanya Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) merupakan hal yang positif yang perlu terus dijaga dan dilaksanakan.  

“Keamanan dan ketertiban bukanlah tanggung jawab Babinsa maupun Babinkamtibmas saja, tetapi merupakan tanggung jawab dan kewajiban kita bersama. Untuk itu marilah kita saling bahu membahu dan bekerjasama dalam mendukung terciptanya suasana lingkungan yang aman dan kondusif,” Ujar Serda Dedi sembari didampingi oleh Bripka Eko Wahyu. 

Ia pun berjanji, sebagai aparat keamanan di wilayah teritorialnya nanti akan berupaya memberikan perlindungan keamanan sekaligus juga melayani masyarakat serta berusaha memberikan yang terbaik kepada masyarakat.  

“Dengan berkumpul bersama masyarakat, tentunya kita bisa mengetahui keadaan situasi dan kondisi yang sebenarnya yang terjadi di lingkungan masyarakat. Kita juga berharap kepada warga masyarakat agar dapat saling berkoordinasi secara langsung dalam menyampaikan keluhan dan permasalahan yang ada saat ini. Hal ini merupakan sebagai sarana Komunikasi Sosial (Komsos) dan silaturahmi bersama warga, sehingga terciptanya jalinan Kemanunggalan TNI bersama Rakyat,” Tutup Serda Dedi.  

Ditempat yang sama, Ketua RW.01 Ir. Suyatno mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Babinsa, Babinkamtibmas dan Lurah Sidomulyo Timur yang telah menyempatkan waktunya datang dan membantu warga dalam menjaga keamanan lingkungan.  

“Kami sangat senang sekali, karena pada dini hari ini unsur pimpinan pemerintah kelurahan beserta institusi TNI – Polri berperan serta ikut meyakinkan kami tentang pentingnya kepedulian keamanan dan kenyamanan suatu lingkungan tempat tinggal kami. Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami, sekaligus sebagai motivasi dan semangat untuk warga dalam melaksanakan tugas jaga malam atau ronda agar lebih berhati-hati dan waspada,” Ungkap Ir.Suyatno.

Hingga menjelang terbit fajar, tampak situasi keakraban Babinsa dan babinkamtibmas dengan warga bercengkrama menikmati hangatnya seduhan kopi dan makanan ringan sekaligus berpatroli keliling lingkungan secara bergantian.***(Mirza)      

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top