Liputan Lintas Nasional

Belajar Pekanbaru PPKBP3A Kabupaten Lima Puluh Studi Banding Ke DPPPA

PEKANBARU – persbhayangkara.id RIAU

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Pekanbaru menerima kunjungan studi banding Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, Jumat (21/6).

Kunjungan ini disambut langsung oleh Kepala DPPPA Pekanbaru, Drs Mahyudin, yang didampingi Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak (PHA) DPPPA, H Bukhairo SAg, yang dilakukan di ruang rapat kantor DPPPA Pekanbaru, Jalan Dagang.

Pada kesempatan itu, Kadis DPPPA Pekanbaru memberikan pemaparan penting bagaimana Kota Pekanbaru dalam kurun waktu dua tahun belakangan, berhasil meraih prestasi penghargaan Kota Layak Anak prediket Madya, yang tahun ini Insyaallah akan naik peringkat ke- Nidya.

“Keberhasilan yang kita raih ini tak lepas dari peran dan sinergitas yang dilakukan DPPPA bersama OPD terkait di Pekanbaru. Dan kita juga didukung penuh dengan adanya Forum Wartawan Kota Layak Anak dan APSAI,” ujar Kadis DPPPA.

Sementara itu, rombongan PPKBP3A Kabupaten Lima Puluh Kota yang diketua Drs Ismet, sangat terkesan dan terkesima dengan apa yang telah disampaikan Kadis DPPPA Pekanbaru dalam melakukan program meraih pencapaian tersebut.

“Kami salut dengan DPPPA Pekanbaru. Mereka betul-betul bekerja keras untuk mewujudkan pencapaian tersebut. Pertama, sinergitas yang mereka lakukan antar OPD sangat baik sekali. Dan juga seperti yang Pak Kadis bilang, DPPPA Pekanbaru didukung dengan peran dan kiprah APSAI dan FW KLA mewujudkan Kota Layak. Itu yang belum ada di tempat kami, dan mungkin contoh seperti inilah yang akan kami dan bawa dan adopsi ke tempat kami,” ujar Drs Ismed, yang juga menjabat Sekretaris Dinas PPKBP3A Kabupaten Lima Puluh Kota.

Adapun kunjungan tersebut juga dihadiri sejumlah OPD pendukung Kota Layak Anak di Pekanbaru, Seperti dari Dinas Kesehatan yang diwakili Kabid Kesehatan Masyarakat, Melly M Kes. Hadir pula Asosiasi Pengusaha Sahabat Anak Indonesia (APSAI) Kota Pekanbaru yang diwakili Sekretaris Umum, Khairul Amri, Ketua Forum wartawan Kota Layak Anak, Hendri Zainuddin, dan Forum Anak Pekanbaru (Fankoper).

“Dari APSAI, kami merasa terpanggil untuk mewujudkan pemenuhan hak anak. Salah satu bentuk nyata kami lakukan adalah pemberian santunan kepada anak-anak kurang mampu dalam menghadapi lebaran kemarin,” ujar Khairul Amri, yang juga selaku Direktur Pekanbaru Pos yang diberi kesempatan memaparkan peran dan fungsi APSAI untuk Kota Layak Anak.

“Kita sangat apresiasi atas kunjungan yang dilakukan. Semoga hasil dari pertemuan kedua belah pihak ini diharapkan dapat memotivasi untuk lebih bersemangat mewujudkan Kota Kota Layak di Pekanbaru. Mudahan mudahan kedepannya silaturahmi ini akan berlanjut,” ujar Ketua FW KLA, Hendri Zainuddin.***(mirza/kur)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top