Liputan Lintas Nasional

Pemda Aru Peringatai HUT Pancasila

KEPULAUAN ARU – persbhayangkara.id MALUKU

Kendati berbarengan dengan hari libur nasional, namun Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Aru menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Kantor Bupati Kepulauan Aru, Sabtu (1/6/2019). 

Upacara tersebut melibatkan Aparat Sipil Negara (ASN) di seluruh instansi pemerintah daerah, serta jajaran Polri dan TNI setempat.

Upacara peringatan hari lahir Pancasila itu digelar secara sederhana namun penuh hikmat, ditandai pengibaran benderah merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra),  kemudian pembacaan Teks Pancasila oleh Bupati dan diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga selaku inspektur upacara saat membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila intinya menegaskan bahwa, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila , kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang Iebih baik.
Sebagai energi positif bangsa, Pancsila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia.

Oleh sebab itu, keberagaman yang ada secara alami dan kultural harus dikelola dan dikembangkan untuk membangun Tamansari Kebudayaan yang memungkinkan samua makhluk hidup tumbuh sesuai dengan ekosistem yang Sehat. Indonesia untuk kita semua, dan Pancasila adalah rumah kita semua.
Untuk itu diperlukan kesadaran dan pemahaman , untuk saling menghormati, saling bekerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

Kondisi demikian dapat berkembang melaiui budaya politik kewargaan yang demokratis/Budaya politik yang dapat menumbuhkan dan merawat harapan, bukan politik yang menimbulkan ketakutan.

Kita Indonesia, Kita Pancasila adalah sosok yang percaya diri optimis dan penuh harapan dalam menatap masa depan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur.

Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kita semestinya harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.

Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila.

(NYS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top