Kategori liputan khusus BASARNAS

Hadapi Siaga Lebaran 2019/1440 H Basarnas Pekanbaru Gelar Apel Pasukan Dan Peralatan SAR

PEKANBARU – persbhayangkara.id RIAU

Seluruh jajaran dan personil Basarnas Pekanbaru melaksakan apel siaga serta gelar pasukan dalam rangka menyambut Siaga Angkutan lebaran Tahun 2019/1440 H yang bertempat di halaman Kantor Basarnas Pekanbaru pada Senin 27 Mei 2019 Pukul 08.00 WIB.

Seluruh alat yang dimiliki oleh Basarnas Pekanbaru di tampilkan sekaligus untuk melakukan pengecekan mengenai kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, musibah serta kondisi yang membahayakan jiwa manusia di wilayah Provinsi Riau.

Kendaraan yang akan digunakan seperti truck personil, rescue D-max, rescue truck, comm vehicle, motor trail dan perahu karet diadakan inspeksi secara langsung oleh Kepala Kantor Basarnas Pekanbaru, Amiruddin, S.Sos,.

Hingga ke peralatan komunikasi, peralatan di air serta peralatan lain yang
menunjang giat Operasi SAR di periksa kesiapannya demi kelancaran tugas saat melaksanakan siaga Angkutan Lebaran yang dimulai besok pada hari selasa tanggal 28 Mei 2019.

Apel khusus siaga lebaran ini dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pekanbaru (Basarnas) Amiruddin.S.S.Sos,

Apel khusus siaga lebaran ini dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pekanbaru (Basarnas) Amiruddin.S.S.Sos beserta seluruh jajaran dan personil Basarnas Pekanbaru yang bertempat di halaman Kantor Basarnas Pekanbaru pada Senin 27 Mei 2019 Pukul 08.00 WIB

Apel ini merupakan langkah awal kesiapsiagaan personil dan peralatan SAR yang akan digunakan untuk pengamanan lebaran dari tanggal 28 Mei s/d 13 Juni 2019.

Personil dan peralatan SAR akan ditempatkan dibeberapa titik, antara lain di Kantor SAR Pekanbaru, Bandara sultan syarif kasyim (SSK II) pekanbaru, Pelabuhan Sungai Duku pekanbaru, Posko RSUD Pos sar Tembilahan, Posko Pelabuhan Aliong unit siaga sar bagan siapi api, Posko Pelabuhan Bandar Sri Laksmana Pos sar Bengkalis serta Pelabuhan Pokala Dumai, untuk pengaman jalur lintas diadakan Mobile ke Lintas Barat arah perbatasan Riau-sumbar dan Lintas timur arah Dumai.

Dalam Sambutannya Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Marsdya TNI Bagus Puruhito yang di bacakan oleh kepala Basarnas Pekanbaru amiruddin mengatakan

“Dalam rangka kesiapsiagaan BASARNAS untuk mendukung pelaksanaan arus mudik lebaran tahun 2019, Basarnas melaksanakan siaga SAR khusus arus mudik lebaran dengan tujuan terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal untuk mendukung serta membantu unsur-unsur terkait (Polri, Perhubungan dan Pemda) dalam rangka pemantauan jalur mudik angkutan lebaran secara aman, nyaman dan terkendali.” Ucapnya.

Kesiapsiagaan SAR dalam rangka angkutan lebaran adalah agenda yang kita laksanakan setiap tahun, akan tetapi jangan dijadikan kegiatan yang monoton atau rutinitas, harus ada peningkatan dari tahun ke tahun baik kesiapan personil, peralatan, ketrampilan dan kesigapan kita serta sistem percepatan respon jika terjadi kecelakaan. Terangnya.

Dalam pengarahannya saat apel, Amiruddin menyampaikan agar personil yang terlibat dapat berkoordinasi dengan seluruh tim, baik internal maupun instansi terkait.

Kepala Kantor juga memerintahkan kepada personil yang terlibat di lapangan agar melaksanakan tugas dengan rasa penuh tanggung jawab dan menempati lokasi pengamanannya masing-masing sesuai jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya.

“Kesiapsiagaan peralatan juga merupakan hal yang sangat penting yang harus diperhatikan guna menunjang tugas pokok kita khususnya dalam siaga khusus angkutan lebaran 2019 / 1440 H ini.” imbuhnya.***(mirza/koeh)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top